Memahami laporan keuangan merupakan unsur terpenting dalam sebuah bisnis, karena ini yang akan menjadi penentu usaha akan berkembang atau sebaliknya. Atas dasar itu, untuk membangun bisnis dari awal dibutuhkan seseorang yang terampil dan berpengalaman dalam mengelola keuangan bisnis.
Namun, tidak semua orang mengetahui pengertian dan pentingnya laporan keuangan bagi pihak perusahaan sehingga laporan ini sering tidak sesuai dengan standar yang berlaku.
Pengertian Laporan Keuangan
Laporan keuangan adalah laporan yang berisikan pencatatan uang dan transaksi yang terjadi dalam bisnis dan memiliki nilai ekonomi dan moneter. Umumnya laporan ini dibuat dalam periode tertentu dan penentuannya berdasarkan kebijakan perusahaan.
Laporan ini juga dibuat untuk mengetahui kondisi finansial perusahaan secara keseluruhan sehingga para stakeholder dan pengguna informasi akuntansi dapat melakukan evaluasi serta pencegahan dengan tepat dan cepat jika kondisi keuangan usaha mengalami masalah atau memerlukan perubahan.
Mengingat pentingnya hal tersebut, maka laporan ini harus dibuat dengan tepat, cermat, dan diperlukan pertanggungjawaban yang diserahkan secara mutlak kepada orang yang berkompeten dibidangnya, seperti seorang akuntan.
Jenis-Jenis Laporan Keuangan
Laporan Laba/Rugi
Laporan ini merupakan laporan finansial perusahaan yang dibuat oleh bisnis untuk mengetahui pengeluaran dan pemasukan bisnis secara mendetail, sehingga pihak perusahaan bisa mengetahui data terkait pendapatan serta beban yang menjadi tanggungan perusahaan dalam periode tertentu.
Laporan Arus Kas
Laporan ini berisikan catatan keuangan terkait informasi pemasukan serta pengeluaran selama satu periode, dan sangat berguna ketika akan melakukan evaluasi struktur keuangan (likuiditas dan solvabilitas), serta aktiva bersih perusahaan.
Laporan Perubahan Modal
Laporan ini dibuat dengan tujuan agar perusahaan dapat menggambarkan peningkatan maupun penurunan dari aktiva bersih dalam periode tertentu dengan prinsip pengukuran tertentu untuk dianut. Umumnya ditemukan pada perusahaan yang sudah besar atau publik, karena sebagian besar mempunyai struktur kepemilikan yang kompleks dalam perubahan ekuitas di tahun terkait.
Laporan Neraca
Biasa disebut sebagai Balance Sheet, laporan ini berisikan informasi mengenai aktiva dan passiva perusahaan dalam satu periode. Hakikatnya, laporan ini merupakan gabungan dari segala laporan keuangan.
Catatan Atas Laporan Keuangan
Catatan ini mengacu kepada informasi tambahan terkait laporan yang sudah dibentuk guna menjelaskan bagaimana perusahaan dapat mencapai pada suatu kondisi atau titik tertentu. Laporan ini tidak bersifat wajib seperti kegunaannya yang hanya membantu untuk menjelaskan kepada mereka yang membutuhkannya tanpa memiliki informasi yang ditempatkan di kolom pernyataan. Namun demikian, seringkali catatan ini penting untuk mengungkapkan masalah mendasar terhadap kesehatan keuangan perusahaan.
Fungsi Laporan Keuangan Perusahaan
Untuk Menilai Kondisi Usaha
Seluruh laporan berguna untuk menilai kondisi. Seperti melihat bahwa adanya penurunan pendapatan atau kerugian yang berarti perusahaan mengalami kemunduran ataupun sebaliknya, sehingga dapat diambil sikap dan langkah atas kondisi yang telah terjadi untuk kedepannya.
Sebagai Bahan Evaluasi
Laporan sebagai parameter menjadikannya sebagai bahan evaluasi untuk menjelaskan permasalahan dan solusinya. Jika ada kondisi dimana perusahaan mengalami kemunduran atau sebaliknya, maka bisa ditentukan bagaimana jalan keluar atas permasalahan yang dihadapi tersebut.
Bentuk Pertanggungjawaban Perusahaan
Sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada pihak internal maupun eksternal dan penilaian kredibilitas bagi pihak yang membutuhkan dan/atau terkait. Sebaliknya, perusahaan dengan laporan keuangan berantakan bisa dikatakan sebagai badan usaha yang tidak memiliki kredibilitas dan berpotensi mengalami masalah.
Baca Juga : Alur Laporan Keuangan dengan Urutan yang Benar
Kesimpulan
Memahami laporan keuangan bisa dianalogikan sebagai rapot untuk bisnis anda, karena di dalamnya terdapat data terkait keuangan perusahaan secara menyeluruh sehingga anda bisa mengetahui bagaimana keadaan dari bisnis yang sedang berjalan. Seluruh data yang ada bisa menjadi dasar untuk perencanaan bisnis yang lebih matang, karena improvisasi dilakukan berdasarkan data faktual pada laporan tersebut.