Apa itu Surat Jalan? Pengertian dan Tujuannya, Contoh di Accurate

surat jalan accurate

Surat Jalan Accurate – Apabila Anda adalah seorang pemilik usaha dagang dan ritel, saat melakukan pemasokan barang ke pelanggan, sangat disarankan agar Anda menyertakan surat jalan yang disertakan dengan barang.

Dokumen ini memang bukanlah persyaratan wajib, tetapi merupakan dokumen yang  mampu membuat bisnis Anda terlihat lebih profesional dihargai banyak pelanggan.

Nantinya, dokumen ini membantu penerima memeriksa barang mana yang telah dikirim dan memungkinkan mereka untuk memeriksa apakah ada yang hilang.

Apa Itu Surat Jalan

Surat jalan adalah dokumen resmi yang digunakan untuk mencatat pengiriman barang dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Dokumen ini memuat informasi tentang barang yang dikirim, jumlahnya, asal, tujuan pengiriman, serta data pengirim dan penerima. Surat jalan biasanya dikeluarkan oleh perusahaan atau pihak yang bertanggung jawab atas pengiriman barang, dan sering kali disertakan bersama dengan barang yang dikirim untuk keperluan administrasi dan pelacakan.

Tujuan Menggunakan Surat Jalan

Tujuan menggunakan surat jalan adalah untuk:

  1. Mencatat Pengiriman: Surat jalan mencatat detail barang yang dikirim, seperti jenis barang, jumlahnya, asal, dan tujuan pengiriman. Ini membantu memastikan bahwa barang yang dikirim sesuai dengan pesanan dan dapat dilacak dengan mudah.
  2. Administrasi: Surat jalan digunakan untuk tujuan administrasi, seperti pencatatan pengiriman, inventarisasi barang, dan pelaporan keuangan. Ini membantu perusahaan menjalankan operasi pengiriman barang dengan lebih efisien dan teratur.
  3. Pelacakan: Dengan informasi yang tercatat dalam surat jalan, baik pengirim maupun penerima dapat melacak status dan lokasi barang yang dikirim. Ini penting untuk memastikan transparansi dan keandalan dalam rantai pasok.
  4. Bukti Pengiriman: Surat jalan juga berfungsi sebagai bukti pengiriman yang sah. Ini penting untuk menghindari perselisihan antara pengirim dan penerima terkait dengan pengiriman barang, serta untuk menyelesaikan klaim asuransi jika terjadi kerusakan atau kehilangan barang selama pengiriman.

Dengan demikian, penggunaan surat jalan membantu memudahkan proses pengiriman barang, meningkatkan efisiensi administrasi, dan memastikan keandalan dalam pelacakan dan pelaporan pengiriman.

Baca Juga : Cara Kerja Accurate Accounting Software : Penjelasannya

Membuat Surat Jalan di Accurate

Untuk teman – teman yang menggunakan software accurate dalam pembukuannya ada suatu fitur dalam accurate yang memungkinkan teman – teman membuat surat jalan di Accurate.

Surat Jalan adalah dokumen penting yang disertakan dengan melakukan pengiriman barang dari suatu akan dikirim telah sampai pada penerima.

Nah bagi teman – teman yang memang bekerja sebagai kurir pasti tau apa itu surat jalan. Namun, berbeda untuk kebanyakan orang hanya membeli barang secara online lalu hanya membuka sebuah barang atau paket nya saja tanpa melihat surat jalan pada paket tersebut, itu merupakan sebuah kesalahan yang memang seharusnya kita mengetahui lebih rinci barang yang dikirim itu dari melihat surat tersebut.

Langkah membuat surat jalan di accurate sangatlah sederhana teman – teman bisa melihat dibawah ini :

1. Pertama teman – teman buka aplikasi Accurate hingga pada menu bagian utama lalu kalian klik Daftar > Penjualan > Pengiriman barang > Baru Seperti gambar dibawah ini :

2. Selanjutnya adalah pada tampilan teman – teman akan muncul menu utama dari Pengiriman Barang, selanjutnya pilih pelanggan,

3. Ketikkan Po No, Delivery No, Delivery Date, dan Ship VIA, lalu

isi bagian barang yang akan dikirim dengan klik 2x pada bagian item, pilih produk nya dan klik Ok. maka akan muncul produk dan barang yang akan dikirim (dapat diedit), seperti gambar dibawah ini:

4. Jika sudah Klik Ke Layar (maka transaksi akan otomatis disimpan) dan akan muncul surat jalan sesuuai transaksi yang telah dibuat.
cara membuat surat jalan di accuratecara membuat surat jalan di accurate

Kesimpulan

Begitulah kira – kira cara membuat surat jalan di accurate dan pengertiannya tentang surat jalan.

Bagikan artikel ini ke

Scroll to Top