Bea Materai : Pengertian dan Sejarahnya

bea materai adalah

Dalam transaksi seperti sertifikat, perjanjian, akta, atau surat berharga, bea materai diperlukan agar dokumen-dokumen tersebut diakui di pengadilan sebagai bukti. Bea materai merupakan salah satu dari berbagai pajak yang dikenakan kepada perusahaan-perusahaan di Indonesia.

Perubahan terbesar dalam Undang-undang bea materai di Indonesia adalah penerapan tarif yang bervariasi dengan tarif standar, serta pengenalan bea materai elektronik.

Sejarah Bea Meterai di Amerika Serikat

Pada abad ke-17, pemerintah telah memberlakukan bea materai di seluruh Eropa. Selama abad berikutnya, pajak ini menjadi bentuk perpajakan yang umum di Belanda, Prancis, Denmark, Prusia, dan Inggris. 

Pada tahun 1765, parlemen Inggris mengesahkan pajak materai yang dikenakan pada penjajah Amerika, mengharuskan mereka membayar pajak atas semua kertas cetakan, seperti lisensi, surat kabar, kertas kapal, dan bahkan kartu remi. Pemerintah Inggris mengatakan dana yang dikumpulkan dari bea materai diperlukan untuk membayar penempatan pasukan di lokasi tertentu di Amerika dan untuk membayar hutang perang besar-besaran yang timbul selama Perang Tujuh Tahun.5

Penjajah Amerika marah dengan pengenaan pajak, yang mereka yakini merupakan upaya yang disengaja oleh Inggris untuk mengontrol perdagangan dan membatasi kemerdekaan kolonial. Pajak Meterai diberlakukan tanpa sepengetahuan atau masukan dari koloni, menjadi contoh utama perpajakan tanpa perwakilan . Undang-Undang Stempel memicu upaya terkonsentrasi pertama para penjajah untuk melawan otoritas Inggris dan menjadi peristiwa penting menjelang Revolusi Amerika.

Pajak materai telah bertahan lebih lama di Inggris sendiri. Saat ini, Inggris mengenakan pajak tanah materai (SDLT) atas pembelian rumah, meskipun rumah dengan nilai tertentu tidak dikenakan pajak tersebut. Misalnya, ambang batas saat ini untuk properti tempat tinggal adalah £125.000. Namun, pembeli rumah pertama kali mendapat istirahat—ambang batas mereka adalah £500.000.

Stempel perusahaan

Apa itu stempel perusahaan?

Menurut hukum Indonesia, tidak ada definisi khusus untuk stempel perusahaan. Namun, stempel perusahaan biasanya berupa nama dan logo perusahaan yang berfungsi untuk mengesahkan dokumen penting yang dikeluarkan oleh perusahaan.

Stempel perusahaan bisa disesuaikan dan tersedia dalam berbagai bentuk, warna, dan ukuran.

Tujuan stempel perusahaan

Stempel perusahaan berfungsi sebagai tanda tangan resmi perusahaan dan digunakan untuk mengesahkan dokumen-dokumen resmi, menunjukkan bahwa perusahaan telah menyetujui dokumen tersebut.

Materai vs stempel perusahaan

Bea materai digunakan pada dokumen komersial seperti:

  • Resolusi perusahaan
  • Kontrak
  • Transfer properti
  • Kontrak tanah
  • Dokumen kredit, hipotek, dan jaminan
  • Dokumen yang digunakan di luar Indonesia
  • Akta
  • Dokumen perusahaan

Stempel perusahaan dapat digunakan pada semua dokumen yang diterbitkan oleh perusahaan.

Kesimpulan

Bea materai bertujuan untuk menunjukkan bahwa pajak dokumen telah dibayar, sedangkan stempel perusahaan bertujuan untuk mengesahkan dokumen yang dikeluarkan oleh perusahaan. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi Bambootree.id.

Bagikan artikel ini ke

Scroll to Top