Apa Itu Penomoran dan Autonumber Pada Accurate Online

penomoran dan autonumber

Penomoran dan autonumber. Dalam artikel ini kita akan membahas tentang fungsi dari penomoran dalam accurate online. Jadi seperti apa yang dimaksud dengan penomoran itu? Mari kita coba bahas satu per satu. Silahkan menyimak artikel ini ya.

Fitur Penomoran dalam accurate yang ada pada menu Pengaturan berfungsi untuk membuat format penomoran otomatis atau autonumber pada formulir transaksi di data usaha Accurate Online. Anda bisa membuat lebih dari 1 format penomoran otomatis untuk 1 jenis formulir transaksi, sehingga Anda bisa membuat penomoran otomatis sesuai kebutuhan. Misalnya penomoran per cabang dsbnya.

Cara membuat penomoran otomatis pada data usaha Accurate Online adalah sebagai berikut :

  1. Akses terlebih dahulu fitur Penomoran melalui menu Pengaturan
  2. Kemudian isikan Nama Penomoran yang akan dibuat sesuai kebutuhan, lalu pilih Tipe Transaksi-nya.

3. Tentukan Tipe Penomoran, yaitu untuk menentukan kapan penomoran tersebut dihitung mulai dari awal kembali. Terdapat 4 pilihan yaitu a) Tidak Reset, b) Reset Setiap Hari, c) Reset Setiap Bulan dan d) Reset Setiap Tahun. Secara default akan terpilih ‘Reset Setiap Bulan’.

4. Tentukan Jumlah Digit Counter, yaitu penentuan banyaknya penghitungan penomoran transaksi. Jumlahnya disesuaikan dengan jenis transaksi dari bisnis Anda.

5. Menentukan Komponen Penomoran, dengan pilihan komponen Tahun, Tahun Singkat, Bulan, Hari, Conter dan Teks Pemisah. Klik tanda + untuk menambahkan komponen penomoran.

6. Anda bisa melihat hasil dari format penomoran yang telah dibuat pada kolom ‘Contoh Hasil Penomoran’.

penomoran dan autonumber

7. Selanjutnya jika diperlukan, bisa menentukan Pengguna atau Akses Grup/Cabang tertentu saja yang bisa menggunakan Penomoran tersebut yaitu dengan tidak mencentang pada informasi ‘Semua Pengguna’ pada tab ‘Daftar Pengguna’, kemudian tentukan nama Akses Grup/cabang atau nama pengguna yang bisa mengakses penomoran tersebut.

penomoran dan autonumber

8. Penomoran yang dibuat akan tampil pada formulir transaksi tersebut yaitu dibagian kanan atas formulir.

penomoran dan autonumber

Bambootree dan Autonumber atau Penomoran

Bambootree mengakomodir fitur penomoran juga untuk kebutuhan laporan keuangan dan konsolidasi. Bambootree juga sudah ter integrasi dengan smooth dengan accurate online yang mana ini akan sangat mempermudah pengguna accurate online untuk membuat konsolidasi keuangan mereka.

Ajukan demo sekarang untuk info lebih lanjut.

Source artikel dan informasi tutorial : https://ultimasolusindo.com/manual-book/pendalaman-fitur/pengaturan/penomoran/

Bagikan artikel ini ke

Scroll to Top